Sabtu, 20 November 2010

68 Unit Motor untuk Petugas Lapangan KB Banyumas

PURWOKERTO--Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Kabupaten Banyumas kembali menerima bantuan fasilitas. Setelah beberapa saat yang lalu mereka menerima bantuan laptop untuk memperlancar tugas-tugas di lapangan, kali ini 68 orang PLKB masing-masing menerima 1 unit sepeda motor. Penyerahan sepeda motor dilakukan secara simbolis kepada 8 orang PLKB, Sabtu (6/11) lalu di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas, bersamaan dengan kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2010 oleh Wakil Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein. Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Kepala BP3AKB Provinsi Jawa Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto, para pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas.

Bersamaan dengan pencanangan tersebut juga dilakukan beberapa kegiatan, antara lain: penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) PIK Mahasiswa antara Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dengan Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah; penyerahan bantuan komputer untuk PIK Mahasiswa Youth Center UMP; penyerahan bantuan composter untuk Kelompok Bina Lingkungan Keluarga Desa Kembaran Kecamatan Kembaran; penyerahan bantuan mesin jahit untuk Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Desa Somagede Kecamatan Somagede; display kegiatan PIK Remaja “Gibita” dan PIK Remaja “Berkibar” dari Kecamatan Baturraden, dan PIK Mahasiswa Youth Center UMP. Disamping itu, di tempat terpisah juga dilaksanakan pelayanan KB tubektomi/MOW kepada 22 akseptor dan KB implant kepada 250 akseptor di Rumah Sakit Wijayakusuma (DKT) Purwokerto, serta pelayanan KB implant kepada 150 akseptor di Rumah Sakit Amanah Wangon, bekerjasama dengan Pengurus Aisyiyah Cabang dan Ranting Banyumas.

Bupati Banyumas dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati berharap, rangkaian kegiatan ini dapat mendorong peningkatan kinerja para petugas KB dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Banyumas dalam mensukseskan program KB. Bupati menjelaskan, pembangunan bidang kependudukan di Kabupaten Banyumas secara umum diarahkan pada pengembangan penduduk sebagai sumber daya manusia agar menjadi kekuatan pembangunan bangsa yang berkualitas dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera, adil dan merata, karena dengan terciptanya penduduk yang berkualitas, sumber daya yang bermutu, maka agenda-agenda pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat akan meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Banyumas adalah melalui program KB.

Sementara itu, Kepala Bapermas PKB Kabupaten Banyumas, Tjutjun Sunarti R. secara terpisah menjelaskan, pencapaian kinerja program pembangunan kependudukan, khususnya di bidang KB di Kabupaten Banyumas secara signifikan menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan. Hal ini tampak pada pencapaian peserta KB aktif yang sampai dengan akhir Bulan September 2010 telah mencapai 74,99 %, menunjukkan bahwa sebagian besar pasangan usia subur (PUS) di Kabupaten Banyumas sudah ber-KB.

Tentang keberhasilan program KB, Tjutjun juga menginformasikan, Kabupaten Banyumas telah berhasil meraih beberapa prestasi. Untuk tahun 2010 ini saja telah diraih beberapa prestasi dan penghargaan, antara lain : Juara I Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja Tahap Tegak Tingkat Nasional atas nama PIK Remaja “Gibita” Desa Rempoah Kecamatan Baturraden, Juara I Bina Keluarga Balita Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Juara I Akseptor Lestari 20 Tahun Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Juara II PPKBD Terbaik Tingkat Provinsi Jateng, Juara Ketiga Lomba PHB Kategori Desa, serta nominasi ke-4 Lomba Balita Sehat Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

*****


Sumber: http://www.jatengprov.go.id/?document_srl=12517