Jumat, 16 April 2010

2010, Facebook & Twitter Lebih Rentan Diserang

okezone.com – Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter diperkirakan akan lebih rentan diserang pelaku kejahatan cyber atau hacker di 2010.

Prediksi tersebut dikemukakan oleh McAfee Labs. Selain situs jejaring sosial, pengguna Adobe System dan Flash pun berisiko menjadi sasaran empuk hacker.

Director of Security Research and Communication McAfee Labs David Marcus menyebutkan, para pelaku kejahatan kriminal sangat mungkin melakukan serangan ke Facebook dan Twitter serta layanan jejaring sosial lainnya.

Tak hanya penyebaran virus Koobface, serangan virus melalui berbagai aplikasi Facebook pun akan meningkat.

“Ketika Anda mengklik ‘yes’ untuk mengakses sebuah aplikasi, Anda memberikan akses kepada aplikasi yang diklik tersebut untuk mengetahui semua data akun Facebook Anda,” kata Marcus seperti dikutip dari CNet, Rabu (30/12/2009).

Sementara itu, kerentanan Twitter terhadap serangan hacker lebih sering disebabkan oleh layanan peringkas URL seperti bit.ly dan tinyurl.com.

“Tidak ada yang salah dengan layanan Twitter. Namun ketika Anda mengklik peringkas URL, Anda tidak tahu situs apa yang dituju hingga anda benar-benar meng-kliknya. Bahkan saat ini, tidak ada peringkas URL yang memberikan jaminan keamanan atas situs yang dituju,” kata Marcus.

Tak hanya situs jejaring sosial, Operating System (OS) Chrome Google pun akan menciptakan lahan baru bagi para pencipta virus untuk menginfeksi pengguna komputer. Dengan demikian, kemungkinan besar Chrome Google akan menemani OS Microsoft yang selama ini diklaim rentan diserang. McAfee Labs juga mengingatkan kemunculan virus Trojan yang lebih pintar dan berbahaya.