Senin, 12 April 2010

Sroto Banyumas Eling-eling Jalan Casablanca Jakarta

Ada berapa warung sroto Banyumas ya di Jakarta? Seratus lebih kali ya...Entahlah, yang jelas saya belum sempat menghitungnya dan yuk mari kita coba mensensus satu per satu untuk para inyonger semua. Semoga bisa menjadi bahan referensi kalau ingin mencari alternatif makanan yang enak. Saat meluncur di Jalan Casablanca Jakarta, Jum'at (tgl 27 maret 2009), jam di HP menunjukkan jam 2 siang. Cuaca panas menambah rasa lapar yang tak bisa ditahan. Langsung saja saya mampir di Warung sroto Eling-Eling asli Sokaraja Banyumas. Sambil menunggu pesanan satu mangkok sroto campur, 2 mendoan dan jus alpukat, saya jadi teringat tulisan mas Burhan di blognya Rumahide . Katanya salah satu soto terenak di Jakarta ya di Sroto Banyumas Eling-eling di Jalan Casablanca ini. Wah tambah penasaran saja nih pengin mencicipi gimana sih kehebatan rasanya.

Di sana tersedia menu Sroto komplit (ati, ampela, ayam,daging), Sroto istimewa 9ati, ampela, ayam), Sroto campur (daging+ayam), mendoan, dawet ayu (es cendol) dll.
Kata sebagian orang, sroto Banyumas terbilang aneh dan kurang kerjaan. “Soto kok dicemplungin krupuk dan dicampur sambal kacang yang digiling tak halus. Aneh ya..." Tapi kalau lidah sudah kesenggol kuahnya yang sueeedap...tentu satu mangkuk jadi kurang. Anda bisa memadukan sroto ini dengan lontong/ketupat atau dengan nasi putih biasa. Apalagi dipadukan dengan mendoan anget, pokoke rasane...maknyusssss...Kata orang Banyumas...jan nylekamin temenan...

Nah, penasaran dengan rasanya yang katanya maknyuss dan nylekamin??Silahkan kalau lewat Jalan Casablanca mampir di warung sroto ini. Eh ngomong-ngomong, Mbak Laksmi Pamuntjak, penulis buku Jakarta Good Food Dining 2008 menobatkannya sebagai soto Banyumas terenak di Jakarta. Bagaimana dengan penilaian Anda?
Mohon maaf kalau saya tidak memberikan penilaian soal rasa kali ini. Soalnya terus terang waktu itu pas sedang lapar-laparnya dan tentu kalau ditanya soal rasa pasti jawabannya ueeenak tenan. Biar penilaian soal rasa lebih obyektif, Anda yang sudah menikmati srotonya bisa mengisi komentar di bawah ini. Atau kalau menemukan warung sroto banyumas yang nylekamin di kota Anda...bisa ditulis di komentar di bawah ini biar para inyonger yang lain tahu.

Kesuwun, terima kasih.

*****