Senin, 17 Mei 2010

2 Jalan Kelurahan Karanglewas Lor Diresmikan Bupati

Dua jalan di Kelurahan Karanglewas Lor Kecamatan Purwokerto Barat diresmikan oleh Bupati Banyumas, Drs. Mardjoko, MM. Peresmian dilaksanakan kemarin (Sabtu, 15/5) dihadiri oleh Kepala Dinas/instansi terkait, anggota Muspika Purwokerto Barat, tokoh masyarakat, perangkat kelurahan dan masyarakat Kelurahan Karanglewas Lor.

Jalan yang diresmikan adalah jalan masuk Kelurahan Karanglewas Lor Kecamatan Purwokerto Barat yang diberi nama Jalan Lurah Alip Rustomo, dan jalan masuk GOR kelurahan Karanglewas Lor Kecamatan Purwokerto Barat dengan nama Jalan Lurah Ahmadi. Pemberian nama baru tersebut berdasarkan hasil musyawarah lembaga-lembaga kemasyarakatan di Kelurahan Karanglewas Lor yang kemudian dikukuhkan dengan Surat Keputusan Lurah Karanglewas Lor No. 002.6/06/V/2010.

Pemberian nama kedua jalan dengan nama 2 tokoh lurah yang pernah menjabat di Karanglewas Lor tersebut, menurut penuturan Lurah Karanglewas Lor, Cipto Santoso adalah untuk mengingat jasa-jasa kedua tokoh tersebut yang perlu untuk diteladani oleh masyarakat. Sebagaimana banyak diketahui secara luas, menurut sejarah, Ahmadi adalah lurah (saat itu kades) yang menjabat berdasarkan pilihan rakyat periode 1945-1949. Pada saat menjabat pada periode tersebut adalah masa-masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Pada saat agresi ke II masuknya kembali penjajah ke wilayah Indonesia Lurah Ahmadi bersikukuh melindungi, merahasiakan pemuda-pemuda pejuang yang dicari oleh tentara kolonial Belanda sehingga ia dibunuh dengan cara ditembak di tengah jalan.

Sedangkan Lurah Alip Rustomo adalah pejabat Kades berdasarkan pilihan langsung pada tahun 1967 menyisihkan 11 calon kades yang lain. Beliau menjabat kades sampai lurah hingga beliau wafat tahun 2000. Di bawah pemerintahannya, banyak prestasi Alip Rustomo terbukti dapat mengayomi dan mensejahterakan warga masyarakat kecil dan menggerakkan semua kegiatan kemasyarakatan dan pemerintahan di Karanglewas Lor. Banyak prestasi juga diukir di saat pemerintahan Alip, salah satu prestasi yang paling menonjol adalah Bimas Inmas se-Kabupaten Banyumas sehingga Alip mendapat penghargaan di Istana Negara pada tanggal 18 April 1970 dan menghadap langsung Bapak Presiden untuk mendapatkan hadian berupa handstraktor.

Bupati Mardjoko dalam sambutannya diantaranya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerja sama, peran serta dan bantuan moril-material kepada segenap instansi dan warga masyarakat Kelurahan Karanglewas Lor sehingga pemberian nama jalan yang diidam-idamkan warga untuk mengenang jasa - jasa tokoh masyarakat dapat terwujud. Bupati berharap pemberian nama jalan ini dapat membangkitkan motivasi kerja, partisipasi dan kerja sama seluruh warga masyarakat agar pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Banyumas khususnya Kelurahan Karanglewas Lor Kecamatan Purwokerto Barat dapat memenuhi harapan semua pihak.

*****


Sumber: http://www.banyumaskab.go.id/v2009/berita/index.php?jns=1&bg=107&id_berita=1832