Jumat, 21 Mei 2010

4 Rumah Rusak Dihantam Longsor

BANYUMAS - Longsor terjadi di tiga desa di Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (13/5/2010) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Hingga Jumat sore, kondisi longsor masih terlihat parah. Longsor yang melanda Desa Paningkaban, Desa Karang Endep, dan Desa Karang Kemojing terjadi akibat curah hujan yang tinggi.

Salah satu rumah warga Desa Karang Endep bahkan temboknya jebol pada bagian belakang. Beruntung, saat kejadian penghuni rumah sedang berada di bagian ruang depan, sehingga tidak ada korban luka. Rumah milik Sanwinarto (66) rusak cukup parah akibat tertimpa bukit batu cadas yang retak dan longsor. Bukit cadas dengan ketinggian sekitar 15 meter dengan lebar 20 meter ini tak kuat menahan gerusan air hujan.

“Saat hujan deras, tiba-tiba ada suara gemuruh, saya yang sedang berada di ruang depan langsung menengok ke ruang belakang tapi dicegah anak saya,” ujar Sanwinarto, warga Desa Karang Endep, Jumat (14/5/2010).

Sementara rumah milik warga lainnya juga rusak parah. Pada bagian pondasinya ambrol sehingga beberapa rumah terpaksa langsung dikosongkan pemiliknya. Dihubungi melalui telepon, Camat Gumelar, Agus, mengatakan jika kerusakan terjadi di tiga desa. Sementara sedikitnya ada 18 rumah warga lainnya yang terancam longsor.

Longsor juga mengakibatkan jalan desa ambles dan terputus total. Akses jalan yang biasa dilalui angkutan desa untuk anak-anak sekolah ini sudah tidak bisa dilewati kendaran roda dua dan roda empat. Hingga Jumat sore belum terlihat adanya bantuan dari pihak Pemerintah Kabupaten Banyumas.

(Saladin Ayyubi/Global/teb)

*****


http://news.okezone.com/read/2010/05/14/340/332694/4-rumah-rusak-dihantam-longsor