Jumat, 21 Mei 2010

Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal kiyé anané nang désa Cikakak kecamatan Wangon. Saka guru masjid kiyé mung siji, kabéh permukaan saka guru kiyé diukir. Mimbar karo lawang Mihrab uga digawé sekang kayu ukiran.

Nang sekitar komplék masjid kiyé ana taman sing cokan ditekani lutung. Pancén lutung akéh pisan nang alas sekitar désa kuwé.

Désa kiyé sabeneré dadi panggonan rékréasi ing tlatah Banyumas, nanging amarga ora diurusi dadi kurang kondhang.

Salah satu keunikan Saka Tunggal adalah keberadaan empat helai sayap dari kayu di tengah saka. Menurut Sopani, empat sayap yang menempel di saka tersebut melambangkan ”papat kiblat lima pancer”, atau empat mata angin dan satu pusat. Papat kiblat lima pancer berarti manusia sebagai pancer dikelilingi empat mata angin yang melambangkan api, angin, air, dan bumi.

”Saka tunggal itu perlambang bahwa orang hidup ini seperti alif, harus lurus. Jangan bengkok, jangan nakal, jangan berbohong. Kalau bengkok, maka bukan lagi manusia,” ujar Sopani.

Empat mata angin itu berarti bahwa hidup manusia harus seimbang. Jangan terlalu banyak air bila tak ingin tenggelam, jangan banyak angin bila tak mau masuk angin, jangan terlalu bermain api bila tak mau terbakar, dan jangan terlalu memuja bumi bila tak ingin jatuh. ”Hidup itu harus seimbang,” kata Sopani.

Papat kiblat lima pancer ini sama dengan empat nafsu yang ada dalam manusia. Empat nafsu yang dalam terminologi Islam-Jawa sering dirinci dengan istilah aluamah, mutmainah, sopiah, dan amarah. Empat nafsu yang selalu bertarung dan memengaruhi watak manusia.

Keaslian lain yang masih terpelihara di masjid yang sejak tahun 1980 ditetapkan sebagai cagar budaya Banyumas tersebut adalah ornamen di ruang utama, khususnya di mimbar khotbah dan imaman. Ada dua ukiran di kayu yang bergambar nyala sinar matahari yang mirip lempeng mandala. Gambar seperti ini banyak ditemukan pada bangunan-bangunan kuno era Singasari dan Majapahit.

Kekhasan masjid ini yang masih ada adalah atap dari ijuk kelapa berwarna hitam. Atap seperti ini mengingatkan atap bangunan pura zaman Majapahit atau tempat ibadah umat Hindu di Bali. Tempat wudu pun juga masih bernuansa zaman awal didirikan meskipun dindingnya sudah diganti dengan tembok.

”Karena masjid ini adalah cagar budaya, keasliannya dijaga. Sejak tahun 1965 masjid ini sudah dua kali dipugar. Selain dinding tembok, juga diberi dinding anyaman bambu serta lapisan atap seng,” kata Sopani, salah satu juru kunci di sana.

Keunikan masjid ini juga terasa pada tradisionalisme keagamaan umat yang beribadah di dalamnya. Setiap akan shalat berjamaah selalu didahului dengan puji-pujian atau ura-ura yang dilagukan, seperti kidung Jawa. Beberapa jemaah menggunakan udeng atau ikat kepala biru bermotif batik.

Tata cara shalat jamaah di masjid kuno ini tak jauh berbeda dengan masjid-masjid lain pada umumnya. Khusus pada jamaah shalat Jumat, jumlah muazin atau orang yang mengumandangkan azan ada empat. Selain itu, semua rangkaian shalat Jumat dilakukan berjamaah, mulai dari shalat tahiyatal masjid, khoblal juma’ah, shalat Jumat, ba’dlal jum’ah, shalat dzuhur, hingga ba’dlal dzuhur. Semua muazin mengenakan baju panjang warna putih dan udeng atau ikat kepala khas Jawa warna biru bermotif batik.

Lalu, pesan atau khotbah Jumat dilantunkan seperti berkidung. Demikian pula dengan pembacaan ayat-ayat suci.

”Ini sudah menjadi adat kami turun-temurun. Tugas kami hanya mempertahankan agar tidak punah,” ujar Sopani (*)

*****


Sumber: http://banyumasku.blogspot.com/

4 komentar:

  1. Maturnuwun banget, inyong bisa tilik blog kiye. Pengarep-arep inyong, debisaa tansah kerumat lan up to date terus. Maju dina tambah kumplit, supaya bisa dadi wadhah lan pusat informasi informasi ngenani Banyumas sekukuban. Sukur bage kesenian Banyumas sing audio-visual bisa mlebu ngeneh.
    Sukses!

    BalasHapus
  2. Maturnuwun wis kersa nglongok... muga2 pandongane kisanak bs kaleksanan, amin...

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum wr wb.
    Nggak sengaja berselancar di dunia Masjid tertua di Indonesia, eeh ketemu Mesjid Saka Tunggal di Cikakak, Wangon. Lhadalah lha kok Kang Baldy sudah baca duluan, ya kebeneran ya Kang. Udah nyoba shalat di sono belum? Aku pengin lho kapan2 ya!
    Wassalam,

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumsalam Wr. Wb.
    Alhamdulillah kepethuk kang HomramusA nang kéné.. Maturnuwun wis kersa tilik kang.. Inyong dhéwék ya babar pisan urung tau ngambah ngonoh kang.. Mbokan rika karo inyong duwé wektu sing gathuk, insya Allah ya butul ngonoh... Salam bregas-waras

    BalasHapus