Jumat, 21 Mei 2010

POTENSI KABUPATEN BANYUMAS

POTENSI KABUPATEN BANYUMAS

Arah kebijakan pembangunan di bidang ekonomi, salah satunya adalah dalam hal penanaman modal, dimana diharapkan nantinya akan dapat meningkatan investasi, terciptanya investasi yang berwawasan lingungan dan berkelajutan serta terwujudnya Kab. Banyumas sebagai daerah tujuan investasi.


PERTANIAN


Komoditi unggulan di Bidang pertanian di wilayah Kab. Banyumas sangat menjanjikan , karena di dukung luas lahan dan kondisi alam yang ada serta berbagai jenis komoditi yang bervariasi.
Secara umum, investasi di bidang pertaniaan yang di harapkan adalah - Alih tekhnologi - Bantuan modal kredit lunak - Kerjasama pemasaran


PETERNAKAN


Berdasarkan ketersediaan lahan dan tujuan pakan ternak yang tersedia, Kab. Banyumas mempunyai pakan yang cukup besar untuk pengibangan usaha pengimbangan sapi potong dan sapi perah.


PERIKANAN


Di bidang perikanan, Kab. Banyumas mengharapkan investasi sistem bagi hasil untuk budi daya ikan gurame. Sampai saat ini wilayah pemasaran baru mampu menjangkau Jawa Timur (Tulung agung - Blitar)dan Jawa Barat (Tasikmalaya)


KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN

Adanya faktor alam dan iklim yang ada di Kab. Banyumas mendukung berkembangnya industri olahan hasil hutan yang mempunyai peluang investasi.


BAHAN GALIAN /PERTAMBANGAN


Kondisi alam yang ada menunjukan bahwa Kab. Banyumas merupakan daerah yang sangat potensial untuk pengembangan usaha penambangan bahan galian. Berdasarkan investarisasi, pemetaan dan kompilasi data yang ada, maka Kab. Banyumas memeiliki 15 jenis bahan galian yang berpotensi sebagai peluang investasi. Dengan kapasitas produksi /cadangan yang ada, dan fasilitas pendukung lainnya, maka potensi bahan galian di Kab. Banyumas mempunyai peluang investasi yang cukup menjanjikan.



PARIWISATA KABUPATEN BANYUMAS

Kabupaten Banyumas juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata dengan fokus kunjungan wisatawan ke Baturaden.

Jumlah obyek wisata di Banyumas cukup banyak dan beragam, dan pada umumnya mudah di jangkau karena di dukung sarana dan prasarana yang memadai, sampai saat ini, masih ada beberapa obyek wisata yang belum tergarap secara optimal dan membutuhkan investasi untuk pengembangannya.


Baturaden

Lokawisata Baturaden terbentang di sebelah selatan di kaki Gunung Slamet pada ketinggian sekitar 640 m diatas permukaan laut. Baturaden terletak hanya 14 km dari Kota Purwokerto yang dihubungkan dengan jalan yang memadai. Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati pemandangan indah & udara pegunungan yang segar dengan suhu 18'° Celcius - 25° Celcius. Sedangkan, Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 m, merupakan gunung berapi terbesar dan gunung tertinggi ke-2 di Jawa. Jika cuacanya bagus, Kota Purwokerto dapat terlihat dari Baturaden, begitu juga dengan Cilacap dan Nusa Kambangan Ketika kita melihat gunung Slamet, kita dapat melihat lereng gunung Slamet yang ditutupi oleh hutan Heterogen.


Taman Rekreasi Nirwala Manggala

Sebuah taman rekreasi dengan fasilitas wisata alam untuk mendukung obyek wisata curug cipendok. Luas lahan yang disediakan sekitar 5 ha dan bentuk investasi yang diharapkan berupa kerjasama bagi hasil.


Bendung Gerak Serayu


Dengan luas lahan + 5 hektar dan ber jarak hanya + 15 km dari pusat kota, sangat memungkinkan bagi pengembangan usaha taman rekreasi wisata air.


Pemandian KaliBacin


Terletak di Desa Tambak Negara kecamatan Rawalo 17 km dari Purwokerto. Objek wisata ini merupakan peninggalan sejarah jaman Belanda terbukti dengan prasastinya. Dikenal dengan nama Wisata Husada, karena wisatawan disamping dapat menikmati keindahan alamnya sekaligus dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.


Museum BRI

Museum Uang BRI adalah satu-satunya museum perbankan di Indonesia yang berada di Purwokerto. Bank Rakyat Indonesia untuk pertama kali didirikan oleh : Raden Aria Wirjaatmadja tahun 1895 dengan Nama : De Purwokertche Hulp en Spaarbank der Inlandche Bestuurs Ambtenaren.


Wana Wisata

Terletak 2 km dari lokawisata Baturaden. Di tempat ini dapat dinikmati keindahan alam hutan dilengkapi dengan tempat perkemahan yang dapat menampung 1000 tenda. Ditempat ini juga terdapat cagar alam dan pembibitan tanaman produksi seperti cemara, pinus, dan sebagainya.


Pancuran 3 (Telu)

Air panas yang mengandung belerang sangat diminati wisatawan, selain kehangatan juga khasiatnya untuk mengatasi berbagai penyakit kulit dan tulang.


Pancuran 7 (Pitu)

Terletak 2,5 km dari Lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyuguhkan keindahan alam dan hutan yang didukung dengan adanya Pancuran 7 sebagai tempat wisata husada.


Goa Sarabadak


Beranjak dari pancuran 7 menelusuri jalan setapak wisatawan dapat menikmati kesegaran air hangat dan dingin di Goa Sarabadak, dengan bebatuan warna keemasan yang menakjubkan.


Telaga Sunyi


Telaga Sunyi terletak +/- 3 km di sebelah Timur Lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyajikan telaga yang indah dan berair dingin, dan pada musim-musim tertentu dapat dijumpai aneka warna kupu-kupu dan capung yang beterbangan di sekitar telaga.


Curug Cipendok


Terletak di desa Karang Tengah kecamatan Cilingok, kurang lebih 25 km dari kota Purwokerto. Obyek wisata alam ini berupa air terjun dengan ketinggian 92 m yang dikelilingi pemandangan alam dan hutan yang indah.


Curug Ceheng


Terletak di kecamatan Sumbang 8 km dari kota Purwokerto. Obyek wisata ini menampilkan keindahan air terjun yang diselingi dengan maraknya satwa lawa yang beterbangan.

***



M A K A N A N K E C I L



KERIPIK TEMPE
Lokasi :Desa Rawalo, Desa Tamansari, Desa Karanggude.
Bahan dasar : tempe.



NOPIA
Lokasi : Kec. Banyumas.
Bahan dasar : terigu dan gula merah.



GETUK GORENG
Lokasi : Kec. Sokaraja.
Bahan dasar : Ketela pohon dan gula merah.




CERIPING PISANG DAN UBI

Lokasi : Kec. Karanglewas.
Bahan dasar : pisang dan ubi kayu.

***


K E R A J I N A N



Kerajinan Bambu

Lokasi : Kec. Ajibarang, Kec. Baturaden, Kec. Kedungbanteng dan Kec. Purwojati.


Pemintalan dan pertenunan Sutera Alam


Lokasi : Kec. Kemranjen, Kec. Kalibagor, Kec. Sumbang, Kec. Sokaraja, Kec. Pekuncen, Kec. Baturaden.



SARANA WISATA

Biro Perjalanan Wisata

Surya Wisata Tour & Travel
Pertokoan Satria Plaza No.2
Jl. Jend. Soedirman Purwokerto
Telp. (0281)6338896
Fax. (0281)635586

Daya Kerta Tour & Travel Service

Jl. KH. M. Syafei Blok F No.4
Kebondalem Purwokerto
Telp. (0281)631597
Fax. (0281)631557

Kharisma Tour & Travel
Pertokoan Satria Plaza Blok A No. 1 Lt. II
Jl. Jend. Soedirman Purwokerto
Telp. (0281)633322
Fax. (0281)633320

Rudiant Tour

Jl. HR. Bunyamin Purwokerto

Andes Tour

Jl. Gerilya Barat Purwokerto
Telp. (0281)636995

Mulia Tour
Jl. Suparjo Rustam No. 03
Berkoh - Purwokerto

***


H O T E L


BOROBUDUR*

Jl Yosodarmo No. 32 Kel.Kdg. Wuluh Kec. Pwt. Barat
Telp. (0281)635341:31:70:1,2,4,5,6,7,9

*****

4 komentar:

  1. Hasemlah... dadi pengin bali

    BalasHapus
  2. bloge yakin apik. kur sayange keramen lah
    dadi suwe leh mbukak...

    BalasHapus
  3. @Rawins : Nyong bé ya kayakuwé kang... uripku nang ranto terus... ;)

    @Anonim : maturnuwun kritiké kang... mengko nék kobér tek bérési...

    BalasHapus