Selasa, 04 Mei 2010

Kisah Pendopo Si Panji

Pendopo Si Panji adalah salah satu artefak dalam bentuk bangunan yang dianggap bersejarah dalam terbentuknya Kota Purwokerto sebagai bagian utama wilayah Kabupaten Banyumas saat ini.

Si Panji (Dulu) :






Bangunan Pendapa Si Panji yang saat ini berdiri megah di alun-alun Kota Purwokerto merupakan salah satu peninggalan bersejarah dan dihormati oleh masyarakat Banyumas, karena salah satu pilar dari pendopo ini, yang dinamai Si Panji, merupakan wujud perlambang kekuatan.
Pendopo Si Panji dibangun oleh Kiai adipati Yudonegoro II (Bupati Banyumas ke-7) pada tahun 1706.

Saat itu wilayah Banyumas sering terjadi Banjir karena kondisi geografisnya yang berdekatan dengan Sungai (Kali) Serayu dan lebih rendah datarannya.
Sehingga setiap kali musim penghujan tiba dan Sungai Serayu meluap airnya maka di Banyumas terjadi banjir. Karena alasan tersebut maka Ibukota Kabupaten Banyumas diputuskan untuk dipindah dan mencari tempat yang lebih tinggi dari permukaan Kali Serayu. Saat perpindahan tersebut terjadi sekitar tanggal 7 Januari 1937 dibawah pemerintahan KRAA Sudjiman Mertadiredja Gandasoebrata, Bupati Banyumas saat itu.

Proses perpindahan Ibukota Kabupaten Banyamas ke Kota Purwokerto ternyata juga memerlukan perjuangan dan peristiwa yang bernilai budaya tinggi. Karena saat pemindahan Pendopo maka semua perlambang pemerintahan akan juga dibawa serta termasuk Pilar Si Panji. Ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk memindahkan Pilar Si Panji dan hal tersebut dipercaya oleh masyarakat Banyumas sampai dengan saat ini, yaitu Pilar Si Panji tidak boleh dibawa menyeberangi Sungai Serayu, padahal arah dari Kota Kabupaten Banyumas ke Kota Purwokerto mengharuskan untuk melewati (menyeberangi Sungai Serayu).

Si Panji (Kini) :




Akhirnya diputuskan untuk pemindahan Pilar Si Panji adalah dengan membawanya pada bagian hulu Sungai Serayu yaitu di sumber mata air utama Sungai Serayu di Mata Air "Bima Lukar" di wilayah Pegunungan Dieng, dan memutari Sungai Serayu untuk dibawa ke Kota Purwokerto tanpa harus melewati Sungai (Kali) Serayu.

Demikian sekelumit kisah salah satu pilar utama, Si Panji, Pendopo Kabupaten Banyumas saat ini yang dikumpulkan dari berbagai sumber.


Sumber : WWW.KOTAPURWOKERTO.INFO - Portal-nya Wong Panginyongan

*****

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2533991&page=14