Sabtu, 14 Agustus 2010

Bersih Diri Dengan Ritual Keramas Abu Oman

BANYUMAS-Seperti biasanya, menjelang puasa warga memiliki tradisi membersihkan rambut atau keramas. Namun yang dilakukan warga Desa Kracak Kecamatan Ajibarang Banyumas Jawa Tengah ini cukup unik, karena mereka keramas menggunakan abu dari batang padi atau oman. Ritual unik ini merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang mereka.

Puluhan warga Kracak Ajibarang sambut Ramadhan dengan mandi keramas abu oman (foto:nan/BNC)

Puluhan wanita dewasa dan anak anak ini turun ke sungai Kawung Desa Kracak untuk melakukan ritual mandi keramas. jika biasanya keramas menggunakan shampo, namun di kracak ajibarang mereka menggunakan abu dari batang padi.

Batang padi atau oman yang biasa digunakan untuk menyapu lantai ini kemudian dilepas ikatannya. setelah itu dibakar hingga menjadi abu.

Agar menimbulkan busa, abu kemudian disaring menggunakan kain dan dimasukan ke dalam ember. Setelah warna hitam itu mengental, barulah mereka kemudian menggunakannya untuk membersihkan rambut.

Konon cara seperti ini sudah dilakukan warga secara turun temurun, sehari menjelang puasa. Mereka percaya dengan menggunakan abu batang padi selain rambut mereka bersih, juga akan menimbulkan rasa percaya diri dalam menjalankan ibadah puasa.

“ Dengan mandi keramas pakai abu oman ini kita jadi merasa percaya diri dan siap berpuasa, “ ujar Saudah (40) warga setempat (BNC/tia)

*****

Sumber: http://banyumasnews.com/2010/08/10/bersih-diri-dengan-ritual-keramas-abu-oman/