Sabtu, 14 Agustus 2010

Cangkul Sawah, Warga Wonosobo Temukan Lima Arca

Wonosobo – Lima arca yang ditengarai peninggalan Dynasti Syailendra ditemukan di Wonosobo (Jateng). Kelima arca itu terdiri dari satu buah arca Syiwa, dua Stupa, dan dua buah arca Lingga. Arca tersebut ditemukan oleh Kaswandi (70) dan Untung Subarjo (50) warga Dusun Sribit, Desa Wonolelo, Kecamatan Wonosobo, saat mencangkul di sawah.



Suwandi menuturkan, temuan arca Syiwa saat dirinya mencangkul di sawah yang sedikit berbatu pada kedalaman 30 centimeter. “Semula saya tidak tahu apakah batu-batu yang saya temukan itu memiliki nilai sejarah atau tidak. Namun, kata petugas yang meneliti, batu tersebut merupakan batu bersejarah,” tutur Suwandi.

Kasi Sejarah Musium dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Subuh Oni Wiyono mengatakan, arca-arca temuan warga Desa Wonolelo ditengarai merupakan peninggalan masa Dynasti Syailendra. Namun, untuk membuktikan lebih jauh, akan dibawa ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta. “Kami menduga di lokasi temuan, juga masih ada benda-benda purbakala lainnya,” kata Wiyono. (BNC/tgr)

*****


Sumber: http://banyumasnews.com/2010/06/23/cangkul-sawah-warga-wonosobo-temukan-lima-arca/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar