Sabtu, 14 Agustus 2010

Pasar Tiban Péréng, pusat jajanan khas Ramadhan

RAMADHAN memang bulan penuh berkah, tak terkecuali dengan pedagang tiban di gang Slamet Riyadi, Péréng Purwokerto, mereka berjualan aneka makanan dari mulai lontong, sayur mayur, dawet ayu, es buah hingga jajanan seperti mendoan, tahu goreng bahkan rempeyek.

Komplek Péréng Purwokerto yang selalu padat jelang buka puasa

Seorang pedagang sayur bernama Tarjo kepada banyumasnews.com Minggu (23/8) mengatakan dia meneruskan tradisi kakeknya berjualan sayur mayur siap saji setiap ramadhan tiba.

“Sudah lama sekali, sejak saya masih kecil kakek sudah berjualan sayur matang di gang Pereng ini setiap bulan puasa, kalau tidak salah beliau berjualan tahun 1970-an, ini ibu saya, tetapi sekarang sudah pensiun berjualan,” ungkap Tarjo sembari memperkenalkan sang ibu.

Pria ramah tersebut bercerita keuntungan yang didapatnya tidak pasti, karena tidak semua pembeli memiliki tingkat ekonomi yang sama, ada yang membeli makanan dengan ketengan ataupun dalam jumlah besar.

“Tadi saja ada yang beli sayur Rp 2.000, ada juga yang Rp 3.000, bahkan ada yang membeli ikan seharga Rp 6.000, beberapa pedagang di sini sifatnya musiman meski ada juga yang menetap, selain meramaikan ramadhan tentunya juga mengumpulkan uang untuk lebaran,” jelas Tarjo sembari melayani seorang pelanggan.

Gang sempitpun jadi lokasi dagang

Menanggapi rencana Pemkab Banyumas yang akan merelokasi pedagang ke tempat baru di bekas gedung puskemas, Tarjo mengatakan tidak khawatir, karena itu baru sebatas kabar angin, menurutnya hingga kini belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah.

Sementara Tedy, warga Pereng mengatakan harga-harga yang ditawarkan relatif murah jika dibandingkan dengan lokasi lain, bahkan masih bisa ditawar, dia mencontohkan gorengan hanya dipatok Rp 500 sementara sayur matang dengan porsi lumayan bisa dibeli dengan mengeluarkan Rp 1.500.

“Pokoknya di sini serba murah, lengkap dan kualitasnya terjamin, khususnya warung sayur matang milik Pak Tarjo ini,” kata Tedy sembari menuntun anak perempuannya.

Anda tengah berlibur ke Purwokerto atau sedang pulang ke Banyumas, tidak ada salahnya merasakan suasana menjelang berbuka di pusat jajanan tiban gang Slamet Riyadi, Pereng.

Aneka makanan untuk buka puasa khas banyumasan

Selain berbagai makanan murah, anda juga bisa merasakan keramahan asli orang Banyumas, dengan dialek khas mereka yang natural, tidak dibuat buat, serta sikap legawa yang mungkin sudah hilang di belahan bumi lain.

*****


Sumber: http://banyumasnews.com/2009/08/23/pasar-tiban-perengpusat-jajanan-khas-ramadhan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar