Sabtu, 14 Agustus 2010

Jus Jambu Kaliwungu, Penuh manfaat dan hemat

JAMBU BIJI buah ajaib yang akrab dengan kehidupan kita dan punya multimanfaat bagi kesehatan. Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkal berbagai jenis penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran tubuh.

Jus jambu segar siap diminum (foto:dok/BNC)

Kaliwungu adalah salah satu desa penghasil jus jambu biji di Banjarnegara yang patut mendapatkan perhatian sekaligus pujian. Lewat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kelompok Usaha Agribisnis Terpadu (KUAT) Prima Tani Kaliwungu, produk unggulan ini kini menjadi primadona dan andalan Banjarnegara. Terbukti dengan keikutsertaannya mewakili provinsi Jawa Tengah beserta Kabupaten Kendal dan Purbalingga dalam penilaian Gapoktan Tingkat Nasional. Bahkan dalam skala nasional ada sebuah swalayan di Jakarta memesan sebanyak 3 ton/bulan.

Peminat jambu biji yang tidak pernah surut ini dijelaskan Romsidi selaku Ketua Gapoktan karena manfaat yang terkandung di dalamnya sangat banyak. Bagian dari tanaman ini yang sering digunakan untuk berbagai keperluan manusia adalah kulit batang, daun, dan buahnya.

Kulit batang dan daun jambu memiliki aktivitas antibakteri. Ekstrak dari kedua bagian tanaman ini secara in vitro bersifat toksik terhadap beberapa bakteri penyebab diare, gastroenteritis, dan keluhan-keluhan lain yang berhubungan dengan pencernaan. Sedangkan buahnya dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai macam produk seperti selai, jeli, pasta, dodol, dan jus.

Jambu biji juga mengandung potasium sekitar 14 mg/100 gram buah. Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Selain itu ia juga merupakan sumber serat pangan (dietary fiber) dan vitamin C terbaik. Serat pangan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker usus besar (kanker kolon), divertikulosis, aterosklerosis, gangguan jantung, diabetes melitus, dan penyakit batu ginjal. Sedangkan vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler; mencegah anemia gizi, sariawan, gusi yang bengkak dan berdarah (penyakit skorbut), serta mencegah tanggalnya gigi. Vitamin C dosis tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi. Dengan demikian, kita tidak mudah menjadi sakit, seperti flu, batuk, demam, dan lain-lain.

Khusus untuk jambu Kaliwungu, Gapoktan KUAT memberikan harga yang sangat ekonimis, yaitu Rp.1000,-/cup atau Rp.8000,-/botol. Sangat murah jika dibandingkan produk jus yang beredar di pasaran. ”Dengan manfaat yang begitu banyak dan harga yang sangat murah tentu setiap pembeli tidak akan merasa rugi. Jadi, tunggu apa lagi, silakan berkunjung dan beli,” kata Romsidi seraya meyakinkan (banyumasnews.com/yoi)

*****


Sumber: http://banyumasnews.com/2009/10/28/jus-jambu-kaliwungu-primadona-yang-sarat-manfaat-dan-hemat/